Selasa, 15 Mei 2012

Manfaat Dongeng Bagi Psikologis Anak


Di zaman modern seperti saat ini banyak sekali orang tua yang lebih memilih untuk berkarir dan meninggalkan anak mereka di rumah. Tidak hanya itu, mereka bahkan ‘memfasilitasi’ anak mereka dengan alat-alat elektronik yang canggih. Akhirnya yang dilakukan oleh anak-anak di rumah hanyalah menghabiskan waktunya dengan menghadapi ‘sebuah layar’, baik itu layar televisi, handphone, computer, laptop, dll. Anak terbiasa melakukan kegiatannya dengan instan. Orang tua tidak menyadari bahwa fasilitas-fasilitas canggih itulah yang dapat merusak perkembangan intelegensi anak. Hal paling sederhana yang dapat membantu meningkatkan fungsi kognitif anak, seperti dongeng sudah sangat jarang dilakukan oleh orang tua zaman sekarang.
            Mendongeng adalah hal yang sering dilakukan orang tua saat menjelang tidur. Dongeng biasanya berupa cerita-cerita ringan yang menyenangkan bagi anak dan mengandung pesan moral tertentu. Meskipun terkesan tidak penting, sesungguhnya dongeng dapat berperan bagi perkembangan anak. Dengan dongeng, hubungan antara anak dan orang tua dapat menjadi lebih erat sebab adanya komunikasi yang dilakukan secara santai dan menyenangkan. Selain itu, dongeng dapat meningkatkan dan mengsah imajinasi anak. Saat orang tua mendongeng, anak akan memvisualisasikan informasi verbal yang didapatnya dan membayangkannya dalam pikiran. Melalui pesan yang didapat dari sebuah dongeng, anak dapat memahami hal yang perlu itiru dan yang tidak perlu ditiru.
            Anak yang sering mendengarkan dongeng, secara tidak langsung akan menjadi anak yang imajinatif, kreatif, dan mudah memahami kondisi lingkungan dengan daya imajinasi yang tinggi. Sedangkan anak yang kurang imajinasi dapat tumbuh menjadi anak yang kurang dapat beradaptasi dengan lingkungan dan tidak kreatif. Dengan realita seperti ini kebiasaan mendongeng pada anak perlu ditumbuhkan kembali, sebab hal sederhana seperti dongen ternyata memiliki dampak yang sangat besar bagi tumbuh-kembang anak.

Sumber referensi :
http://episentrum.com/artikel-psikologi/manfaat-dan-kekuatan-dongeng-pada-psikologi-anak/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar