Senin, 31 Oktober 2011

Pengertian Ilmu Budaya Dasar

Ilmu Budaya Dasar
          Ilmu Budaya Dasar (IBD) terdiri dari 3 kata yaitu ilmu, budaya, dan dasar yang memiliki arti masing-masing. Ilmu dapat diartikan sebagai pemahaman manusia terhadap suatu hal. Kata budaya sendiri berarti suatu pola kehidupan yang dapat berkembang dan diwariskan secara turun-temurun atau dari generasi ke generasi. Sedangkan dasar adalah sesuatu yang umum, atau hal yang paling sederhana. Jadi, kita dapat menyimpulkan bahwa pengertian dari ilmu budaya dasar adalah suatu pemahaman yang sederhana/umum terhadap pola kehidupan manusia. Jika dijabarkan ilmu budaya dasar merupakan ilmu yang mempelajari kebudayaan manusia beserta faktor-faktor yang dapat mempengaruhi budaya itu sendiri.
Terciptanya Ilmu Budaya Dasar (IBD) dilatarbelakangi oleh hal-hal yang berkaitan dengan manusia dan kebudayaan yang ada di masyarakat. Menurut beberapa sumber, hal-hal yang melatarbelakangi ilmu budaya dasar diantaranya :
  1. Kenyataan bahwa Indonesia terdiri atas berbagai suku bangsa, dan segala keanekaragaman budaya yang tercermin dalam berbagai aspek kebudayaannya, yang biasanya tidak lepas dari ikatan-ikatan (primordial) kesukuan dan kedaerahan.
  2. Proses pembangunan dampak positif dan negatif berupa terjadinya perubahan dan pergeseran sistem nilai budaya sehingga dengan sendirinya mental manusia pun terkena pengaruhnya. Akibat lebih jauh dari pembenturan nilai budaya ini akan timbul konflik dalam kehidupan.
  3. Kemajuan ilmu pengetahuan dalam teknologi menimbulkan perubahan kondisi kehidupan manusia, menimbulkan konflik dengan tata nilai budayanya, sehingga manusia bingung sendiri terhadap kemajuan yang telah diciptakannya. Hal ini merupakan akibat sifat ambivalen teknologi, yang disamping memiliki segi-segi positifnya, juga memiliki segi negatif akibat dampak negatif teknologi, manusia kini menjadi resah dan gelisah.
Latar belakang tersebutlah yang membuat kita memiliki alasan untuk mempelajari ilmu budaya dasar, di samping itu masalah manusia yang berkaitan dengan kebudayaan akan terus berkembang seiring dengan perkembangan zaman. Untuk itulah ilmu budaya dasar dipelajari agar dapat menjadi salah satu alternatif dalam memecahkan masalah tersebut.
Setiap ilmu pengetahuan tentu memiliki tujuan sesuai dengan objek kajiannya masing-masing. Secara umum, tujuan dari ilmu adalah memberikan pemahaman yang lebih dalam mengenai objek yang dipelajari. Berikut ini merupakan tujuan dari ilmu budaya dasar :
1.      Mengenal lebih dalam dirinya sendiri maupun orang lain yang sebelumnya lebih dikenal luarnya saja.
2.      Mengenal perilaku diri sendiri maupun orang lain.
3.      Sebagai bekal penting untuk pergaulan hidup.
4.      Perlu bersikap luwes dalam pergaulan setelah mendalami jiwa dan perasaan manusia serta mau tahu perilaku manusia.
5.      Tanggap terhadap hasil budaya manusia secara lebih mendalam sehingga lebih peka terhadap masalah-masalah pemikiran perasaan serta perilaku manusia dan ketentuan yang diciptakannya.
6.      Memiliki penglihatan yang jelas pemikiran serta yang mendasar serta mampu menghargai budaya yang ada di sekitarnya dan ikut mengembangkan budaya bangsa serta melestarikan budaya nenek moyang leluhur kita yang luhur nilainya.
7.      Sebagai calon pemimpin bangsa serta ahli dalam disiplin ilmu tidak jatuh kedalam sifat-sifat kedaerahan dan kekotaan sebagai disiplin ilmu yang kaku.
8.      Sebagai jembatan para saran yang berbeda keahliannya lebih mampu berdialog dan lancar dalam berkomunikasi dalam memperlancar pelaksanaan pembangunan diberbagai bidang mampu memenuhi tuntutan masyarakat yang sedang membangun serta mampu memenuhi tuntutan perguruan tinggi khususnya Dharma pendidikan.

            Ilmu pengetahuan yang kita pelajari sejak duduk di bangku SD hingga di bangku perkuliahan, memiliki ruang lingkup yang berbeda-beda. Sebagai contoh pelajaran Kewarganegaraan, ruang lingkup dari pelajaran ini difokuskan pada masalah-masalah kenegaraan, hukum, dan warga Negara. Begitu pula Ilmu Budaya Dasar yang memiliki ruang lingkup tersendiri, diantaranya :
1.      Perkembangan budaya seiring dengan perkembangan zaman.
2.      Pergeseran nilai kebudayaan.
3.      Keanekaragaman budaya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar