Rabu, 21 Maret 2012

Soft Skill & Hard Skill


1.       Apakah yang dimaksud dengan soft skill?
Soft skill adalah suatu kemampuan yang dimiliki seseorang yang lebih menekankan pada EQ (emotional quotient) atau kecerdasan emosional. Soft skill dapat dikatakan sebagai kemampuan di luar kemampuan teknis dan akademis, yang lebih mengutamakan kemampuan intra dan interpersonal. Intrapersonal skill mencakup : kesadaran diri (contoh ; percaya diri dan kesadaran emosional) dan kemampuan/keterampilan diri (contoh ; kontrol diri, manajemen waktu, kejujuran. Sedangkan interpersonal skill mencakup kesadaran sosial (kesadaran politik, kepemimpinan, komunikasi, kerja sama, dan lain-lain.

2.       Apa perbedaan antara soft skill dan hard skill?
·         Pada soft skill, yang lebih ditekankan adalah EQ (Emotional Quotient) atau kecerdasan emosional. Soft skill merupakan kemampuan yang umum dan tidak terpaku pada suatu bidang tertentu. Soft skill bersifat invisible atau tidak dapat dilihat secara langsung, misalnya kemampuan seseorang dalam memimpin.
·         Sedangkan pada hard skill, yang lebih ditekankan adalah IQ (Intelligence Quotient) atau kecerdasan intelektual. Hard skill merupakan kemampuan seseorang yang memiliki fokus pada bidang tertentu. Hard skill bersifat visible atau dapat dilihat secara langsung oleh orang lain apakah seseorang memiliki kemampuan di bidangnya atau tidak, misalnya kemampuan seorang editor dalam mengedit suatu karya tulis.

3.       Apa keterkaitan antara soft skill dan hard skill terhadap dunia kerja?
Soft skill dan hard skill merupakan 2 hal yang saling melengkapi. Kita tidak dapat hanya mengandalkan salah satu dari soft skill atau hard skill, sebab dalam dunia kerja soft skill dibutuhkan untuk menunjang hard skill seseorang. Sebagai contoh, seseorang yang memiliki kemampuan dalam bidang hukum, tidak akan pernah sukses jika ia tidak mengembangkan soft skill seperti kemampuan berkomunikasi, membangun relasi, atau kerja sama dengan klien.

4.       Soft skill apa saja yang dibutuhkan oleh suatu perusahaan?
Soft skill yang dibutuhkan dalam dunia pekerjaan/suatu perusahaan diantaranya : bertanggung jawab, membangun relasi, berkomunikasi, negosiasi, beradaptasi dengan lingkungan, berkreasi, berinovasi dan berwirausaha, memimpin, membangun kerja sama, manajemen waktu, kejujuran, mengelola sumber daya dan lain-lain.

1 komentar: